MANFAAT MAKSIMAL PROMOSI via INSTAGRAM

Banyak sekali manfaat promosi menggunakan media sosial bernama Instagram. Sudah jamak sekali digunakan oleh berbagai sektor bisnis untuk mempromosikan usaha bisnis nya. Berikut kami sajikan hanya untuk Anda Sobat Bisnis Codeshop:

1. Menarik Lebih Banyak Pelanggan


Tidak dipungkiri lagi, saat ini instagram adalah media sosial paling di gandrungi masyarakat. Tingginya jumlah pengguna Instagram memang menjadikan media sosial ini sebagai sasaran empuk untuk media promosi. Apabila bisnis Anda memiliki akun Instagram, Anda dapat memudahkan pelanggan untuk memperoleh informasi terbaru soal bisnis Anda.

Baca juga: Tips Cerdas Agar Bisnis Ritel Sukses Besar

Misalnya, Anda memiliki outlet baru dengan teknologi Point of Sale canggih, ada promo Buy 1 Get 1, lokasi usaha Anda pindah, Anda membutuhkan barista, Anda meluncurkan produk terbaru dan sebagainya.

Dengan demikian, Anda pun bisa memasarkan produk bisnis dengan jangkauan yang lebih luas, sebab siapa pun bisa mengakses Instagram, khususnya akun Anda dengan mudah dan cepat.

2. Hadirkan Analisa Perilaku Pelanggan

Kita semua tahu, Instagram memiliki fitur Insight di mana Anda bisa mengetahui informasi mengenai followers hingga engagement suatu konten yang Anda unggah.

Dengan informasi ini, Anda bisa mengenal pelanggan lebih dekat, mulai dari demografis, perilaku, kapan followers Anda aktif, dan sebagainya. Hal ini sangat berguna untuk menjadi bahan analisa terkait perilaku pelanggan Anda.

Jadi, Anda pun bisa membuat konten yang lebih relevan dan memang disukai oleh pelanggan.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Mungkin Akan Sukses Memulai Bisnis di 2020

Jangan lupa, Anda juga bisa memanfaatkan Instagram sebagai saluran interaksi dan komunikasi dua arah. Misalnya, Anda membuat pertanyaan pada caption dengan harapan akan memantik berbagai pertanyaan di kolom komentar. Buat lebih menarik dengan konsep kuis berhadiah, untuk menarik minat pelanggan berinteraksi dengan akun Anda.

Bisa juga Anda live video dan membagikan informasi bermanfaat mengenai produk bisnis Anda, di mana Anda juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk secara langsung.

3. Meningkatkan Popularitas Brand Bisnis Anda

Salah satu strategi Instagram untuk bisnis maksimal adalah memasang iklan dengan hampir gratis. Coba bayangkan, dibanding harus memasang iklan secara offline seperti pada baliho di pinggir jalan, memasang iklan di Instagram tentu akan lebih murah.

Baca Juga: Jenis Usaha Ritel yang BOOMING di 2020

Saat hendak membuat iklan, Anda bisa menentukan kategori berdasarkan audiens, lokasi, jenis kelamin, minat, dan sebagainya. Semakin spesifik informasinya, iklan bisnis Anda akan semakin tepat sasaran.

4. Menghadirkan Informasi Terkait Kompetitor

Perlu dipahami, yang menjalankan bisnis serupa dengan Anda pasti bukan cuma satu-dua saja. Bahkan, yang menggunakan strategi Instagram untuk bisnis maksimal sudah pasti bukan Anda seorang diri.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk memantau pasar, juga persaingan yang terjadi.

Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis kedai kopi di daerah Kemang, yang mana daerah tersebut sudah dijamuri kedai kopi di mana-mana.

Baca Juga: Bisnis Kuliner yang Masih Menggiurkan di 2020

Untuk bisa lebih menonjol dibanding yang lain, Anda bisa membuat konten yang berbeda dari kompetitor Anda. Misal, kompetitor Anda hanya mengunggah foto-foto kopi di Instagram, tapi jumlah likes-nya sedikit dan tidak ada engagement di sana.

Manfaatkan celah ini untuk membuat konten yang lebih keren! Anda bisa membuat konten edukatif mengenai kopi dengan cara storytelling. Jangan lupa, libatkan pelanggan Anda dalam konten tersebut, entah menjawab pertanyaan di kolom komentar, mention akun lain, dan sebagainya.

5. Respon Pertanyaan dan Komentar Pelanggan dengan Cepat

 

Saat ini, pelanggan malas menghubungi email atau nomor telepon suatu bisnis jika ingin menyampaikan pertanyaan atau keluhan. Media sosial lah yang kini menjadi sasaran dengan harapan mereka bisa memperoleh respon yang cepat.

Komentar apapun yang dituliskan oleh pelanggan jangan pernah dianggap remeh. Anda harus mampu merespon pertanyaan atau keluhan dengan cepat sebab di mata pelanggan, bisnis Anda pasti akan dianggap lebih responsif. Hal ini akan memicu meningkatnya traffic pengunjung ke akun instagram Anda.